Musik Gondang Oguang Pada Tradisi Pacu Piyau di Desa Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Ramadhani, Reggina (2018) Musik Gondang Oguang Pada Tradisi Pacu Piyau di Desa Lipatkain Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian musik Gondang Oguang pada tradisi Pacu Piyau ini adalah untuk mengetahui yaitu: 1). Unsur-unsur musik 2). Fungsi musik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan data kualitatif. Teori yang di gunakan pada penelitian ini untuk mengetahui unsur-unsur musik sebagai berikut: 1). Melodi Joseph Machlis 2). Ritme Joseph Machlis 3). Tempo Joseph Machlis 4). Dinamik Joseph Machlis 5). Ekspresi Wahyu Purnomo dan Fasih Subagyo. Teori yang di gunakan pada penelitian ini untuk mengetahui fungsi musik Gondang Oguang adalah teori Alan P. Merriam. Hasil dari penelitian ini tentang unsur-unsur musik pada Gondang Oguang pada tradisi Pacu Piyau bahwasannya pada awal melodinya dimulai dari nada G dengan nada dasar C=do, pada tempo yaitu allegro moderato berkisar angka 112, pada ritmenya identik dengan not setengah ketuk dan seperempat ketuk, dan pada harmoni tidak terdapat nada-nada yang beradu yang menghasilkan nada harmoni tetapi pada permainan terdapat keselarasan bunyi yang harmonis. Pada fungsi hiburan, masyarakat merasa sangat terhibur, pada respon fisik para pemacu, merasa terpacu akan irama dan pola ritme Gondang Oguang tersebut saat berPacu, pada fungsi simbol yaitu makna filosofi pada instrumennya terdapat pesan moral, sebuah usul yang dijawab tingkah kemudian disudahi dengan simbol mengiyakan atau memberikan kata putus. Dan yang terakhir fungsi kontribusi yaitu dari pihak Ninik Mamak dan masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gondang Oguang Pada Tradisi Pacu Piyau
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:35
Last Modified: 14 Dec 2021 03:35
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4983

Actions (login required)

View Item View Item