Hakim, Alza Pratama (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu ditinjau dari Gaya Kognitif. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (666kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Huluditinjau dari gayakognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling.Penelitian dilakukan mulai tanggal 20 Februari sampai 13 Maret 2018.Pada penelitian ini digunakan dua kelas, yaitu kelas XI IPA sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas XI IPA i 3 2 sebagai kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa soal Pretest dan Posttest, instrumen GEFT dan lembar keterlaksanaan. Teknik pengumpulandata pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas ,homogenitas, uji-t dan uji Mann Whitneyuntuk data yang tidak berdistribusi normal. Untuk gaya kognitif dianalisis dengan menggunakan bantuan IBM Statistic 23.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari t ditolak dan H1 hitung > t tabel yaitu 2,07>1,67. Sesuai dengan kriteriaH diterima, dari hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Kemudian untuk gaya kognitifField Dependentdilihat dari nilai sig 0,010 < α maka H ditolak sehingga ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswakelasXI IPA SMA Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu ditinjau dari gaya kognitif FieldDependent.Sedangkan untukgaya kognitifField Independentdilihat dari nilai sig0,766> α maka H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruhmodel Problem Based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematissiswa kelasXI IPA SMA Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Huluditinjau dari gaya kognitifFieldIndependent.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning(PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah, GayaKognitif |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 02:00 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 02:00 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4691 |
Actions (login required)
View Item |