Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Melalui Metode Active Learning di Kelas VIII SMP Yabri Pekanbaru Provinsi Riau pada Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018

Susanti, Rahayu (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Melalui Metode Active Learning di Kelas VIII SMP Yabri Pekanbaru Provinsi Riau pada Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Melalui Metode Active Learning Di Kelas VIII SMP Yabri Pekanbaru Provinsi Riau Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian pada penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu Teknik Observasi dan Teknik Dokumentasi. Menurut Soedarsonono (1997:15) mengatakan, apabila tari dianalisa secara teliti, maka akan tampak bahwa diantara sekian banyak elemen yang terdapat didalamnya, ada dua yang paling penting yaitu gerak dan ritme. Berdasarkan temuan penelitian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) di kelas VIII SMP Yabri Pekanbaru Provinsi Riau pada Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui metode active learning. Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode active learning dalam pembelajaran tari hanya tercapai pada rata-rata nilai 67,53 (8 siswa tuntas), setelah diterapkannya metode active learning dalam pembelajaran tari, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,43 (14 siswa tuntas), dan kembali meningkat menjadi 83,31 (21 siswa tuntas) pada siklus kedua.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Active Learning, Hasil Belajar, dan Tari Saman
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:31
Last Modified: 14 Dec 2021 03:31
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4974

Actions (login required)

View Item View Item