Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Seni Tari (Tari Indang) Melalui Metode Inkuiri di Kelas VII.1 SMP Negeri 35 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Putri, Intan Tri (2018) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya Seni Tari (Tari Indang) Melalui Metode Inkuiri di Kelas VII.1 SMP Negeri 35 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP Negeri SMP Negeri 35 Pekanbaru. Teori yang digunakan Ari Kunto, Jumanta Hamdayama, Sanjaya, Sedyawati. Penelitian ini adalah mengumpulkan data melalui deskriptif analisis dengan data kuantitatif yakni mengumpulkan data melalui observasi, dokumentasi, praktek, tes. Subjek penelitian merupakan objek yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Subjek penelitian yang dimaksud adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 35 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang siswa terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data yang diperoleh langsung dari subjek yakni hasil dari wawancara, dokumentasi, praktek dan tes, data tersebut akan peneliti analisis lagi sehingga mendapatkan hasil yang lebih akurat. Penerapan Metode Pembelajaran yang dilakukan ialah Metode Inkuiri di SMP Negeri 35 Pekanbaru meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, evaluasi, refleksi, perencanaan tindak lanjut. Hasil penelitian di kelas VII.1 SMP Negeri 35 Pekanbaru pada tahap tes awal, siklus I dan siklus II dari tiga ranah penilaian kognitif, afektif, psikomotorik yaitu : pada tahap tes awal perolehan nilai ketuntasan klasikal 28,82%, pada siklus I perolehan nilai ketuntasan klasikal yaitu 82,35% dan pada siklu II perolehan nilai ketuntasan klasikal 94,11%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa analisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tari Indang dengan metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP Negeri 35 Pekanbaru dalam pembelajaran seni budaya. Jadi tidak perlu melakukan penilaian siklus selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Tari (Tari Indang), Inkuiri
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:27
Last Modified: 09 Dec 2021 03:27
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item View Item