Triyuniarti, Ade (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Seni Budaya Bermain Musik Ansambel Sejenis (Recorder) Melalui Metode Drill Di Kelas VII.a Mts Al-Ihsan Buluh Rampai Kec. Seberida Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017-2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (662kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar seni budaya bermain musik ansambel sejenis (recorder) melalui metode drill dikelas VII.a MTS Al-Ihsan Buluh Rampai Kec. Seberida Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017-2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2018. Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTS Al-Ihsan Buluh Rampai dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data ini diperoleh melalui tes praktek untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Sedangkan untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan metode drill pada pembelajaran seni budaya. Setelah diadakan siklus I, siswa yang mencapai KKM 75 pada aspek kognitif yaitu 27 orang siswa (75%), dan siswa yang mencapai KKM 75 pada aspek psikomotorik yaitu 26 orang siswa (72.2%). Pada siklus II, siswa yang mencapai KKM 75 pada aspek kognitif yaitu 33 orang siswa (91.66%), dan siswa yang mencapai KKM 75 pada aspek psikomotorik yaitu 33 orang siswa (91.66%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwan penelitian menggunakan metode drill pada pembelajaran seni budaya (musik ansambel sejenis) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTS Al-Ihsan Buluh Rampai Rampai Kec. Seberida Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017-2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Hasil Belajar |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:27 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:27 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4799 |
Actions (login required)
View Item |