Patjri, Rini (2018) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Bustanul Ulum Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (565kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Bustanul Ulum Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ekperimen ini di mulai dari tanggal 21 Februari 2018 sampai 14 Maret 2018. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dari keempat kelas menggunakan Purposive Sampling, dengan kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik angket dan teknik tes. Angket motivasi belajar matematika siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu dengan uji-t. Analisis angket motivasi dilakukan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar matematika sedangkan uji-t dilakukan untuk menguji hipotesis, ada atau tidaknya pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas VII4 sebagai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas VII3 sebagai kelas kontrol yang dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji-t). Hal ini dapat dilihat dari nilai posttest yaitu thitung = 2,02, ttabel = 1,67 maka diperoleh bahwa thitung > ttabel dengan taraf = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas eksperimen dan motivasi belajar matematika dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL). Motivasi Belajar Matematika Siswa |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:24 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:24 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4753 |
Actions (login required)
View Item |