Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 4 Pekanbaru

Doni, Doni (2018) Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 4 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pekanbaru yang berjumlah 377 orang siswa. Dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel 194 orang siswa yang diambil secara proporsional random sampling. Data diperoleh melalui kuisioner sementara untuk analisis data menggunakan analisis jalur (path analisis) dengan bantuan program SPSS V.22 for windows. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: secara langsung lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, besarnya pengaruh yang diberikan adalah 0,371 atau 37,1%. Secara langsung lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa, besarnya pengaruh yang diberikan adalah 0,474 atau 47,4%. Secara langsung minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, besarnya pengaruh yang diberikan adalah 0,553 atau 55,3%. Secara tidak langsung lingkungan belajar terhadap hasil belajar melalui minat belajar, dengan uji sobel test diketahui p-value 0,000 0,05 yang artinya signifikan, besarnya pengaruh tidak langsung yang diberikan adalah 0,1464 atau 14,64%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Hasil Belajar dan Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 24 Nov 2021 09:03
Last Modified: 24 Nov 2021 09:03
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4606

Actions (login required)

View Item View Item