Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Bangun Datar (Segi Empat dan Segitiga) diKelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu

Nurfatiha, Nurfatiha (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Bangun Datar (Segi Empat dan Segitiga) diKelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian menggunakan modifikasi R&D sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) produk akhir.Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa RPP dan LAS dapat digunakan karena dinilai telah praktis dan valid. Kepraktisan RPP diketahui dari hasil respon guru. Berdasarkan hasil respon guru, diperoleh rata-rata 89,29% atau dengan tingkat kepraktisan sangat praktis. Sedangkan tingkat kepraktisan LAS diketahui dari respon siswa, yaitu diperolehnya rata-rata 97,32% atau dengan tingkat kepraktisan sangat praktis. Kemudian tingkat validitas RPP dan LAS diketahui dari rata-rata hasil validasi, dimana ratarata validasi RPP adalah 85,42% atau sangat valid, sedangkan rata-rata validasi LAS adalah 89,86% atau sangat valid. Dengan demikian, RPP dan LAS dapat digunakan tanpa perbaikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), RPP, dan LAS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:19
Last Modified: 03 Dec 2021 02:19
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4741

Actions (login required)

View Item View Item