Nurfatiha, Nurfatiha (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Bangun Datar (Segi Empat dan Segitiga) diKelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian menggunakan modifikasi R&D sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) produk akhir.Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa RPP dan LAS dapat digunakan karena dinilai telah praktis dan valid. Kepraktisan RPP diketahui dari hasil respon guru. Berdasarkan hasil respon guru, diperoleh rata-rata 89,29% atau dengan tingkat kepraktisan sangat praktis. Sedangkan tingkat kepraktisan LAS diketahui dari respon siswa, yaitu diperolehnya rata-rata 97,32% atau dengan tingkat kepraktisan sangat praktis. Kemudian tingkat validitas RPP dan LAS diketahui dari rata-rata hasil validasi, dimana ratarata validasi RPP adalah 85,42% atau sangat valid, sedangkan rata-rata validasi LAS adalah 89,86% atau sangat valid. Dengan demikian, RPP dan LAS dapat digunakan tanpa perbaikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), RPP, dan LAS. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:19 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:19 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4741 |
Actions (login required)
View Item |