Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Melalui Media Internet (E-Learning) Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Fatonah, Siti (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Melalui Media Internet (E-Learning) Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar pembelajaran seni budaya (tari Rentak Bulian) melalui media internet (e-learning) kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran, majalah, dan salah satu media yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran adalah media internet, oleh karena itu permasalahan penelitian yaitu media pembelajaran yang guru terapkan masih belum efektif dan efisien, siswa terlihat kurang antusias, terhadap pembelajaran, kurangnya keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat, dan rendahnya hasil belajar siswa dengan rata-rata 64,22 dari KKM 80. Rumusan masalah penelitian bagaimanakah peningkatan hasil belajar seni budaya (tari Rentak Bulian) melalui media internet (e-learning) kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018?.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Pengamatan dilakukan oleh guru seni budaya yang mengamati aktivitas siswa. Lembar pengamatan akan dianalisis dengan analisis ketercapaian KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang tuntas dalam aspek afektif adalah 11 siswa, siklus I 24 siswa dan siklus II 28 siswa, sedangkan siswa yang tuntas pada kemampuan siswa dalam aspek kognitif dan psikomotorik adalah 7 siswa, siklus I 19 siswa dan siklus II 28 siswa. Maka dengan demikian hipotesis diterima, hipotesis berbunyi jika media internet (e-learning) diterapkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas X MIA 2 SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya (tari Rentak Bulian) di kelas tersebut diatas standar KKM yang telah ditetapkan yaitu 80.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Internet (E-Learning). Seni Budaya (Tari Rentak Bulian).
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:13
Last Modified: 16 Dec 2021 04:13
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5020

Actions (login required)

View Item View Item