Upaya Peningkatankemampuan Membaca Notasi Balok Melalui Pendekatan Ctl(Contextual Theaching And Learning)Pada Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 1 Kampar T.A 2017-2018

Halis, Marsal (2018) Upaya Peningkatankemampuan Membaca Notasi Balok Melalui Pendekatan Ctl(Contextual Theaching And Learning)Pada Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 1 Kampar T.A 2017-2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Robbins tentang teori kemampuan dan teori Rusman tentang teori pendekatan CTL (Contexual Theaching and Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam membaca notasi balok melalui pendekatan CTLpada bulan Januari 2018 sampai bulan Februari 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Kampar yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh dari tes kognitif dan tes psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL pada pembelajaran Seni Budaya (membaca notasi balok) dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas VIII D SMP N 1 Kampar, dimana sebelum penerapan pendekatan CTL dapat dijelaskan bahwa pada tahap uji coba, terdapat 32 orang siswa mendapat nilai dibawah KKM 65 dalam aspek kognitif dan 27 orang siswa dalam aspek psikomotorik. Setelah diterapkan pendekatan CTL pada penilaian siklus I aspek kognitif terdapat 13 orang siswa mendapat nilai diatas KKM 65, sedangkan pada aspek psikomotorik terdapat 12 orang siswa mendapat nilai diatas KKM 65. Kemudian pada penilaian siklus II aspek kognitif tidak terdapat siswa yang berada dibawah KKM 65, sedangkan pada aspek psikomotorik terdapat 1 orang siswa yang berada dibwah KKM 65. Sehingga dapat disimpulkan penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran Seni Budaya (membaca notasi balok) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca notasi balok pada kelas VIII.D SMP N 1 Kampar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Peningkatan Kemampuan.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:30
Last Modified: 09 Dec 2021 03:30
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4911

Actions (login required)

View Item View Item