Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Melalui Metode Drill di SMA PGRI Kelas XI IS 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Saragih, Desri Liana Sari Br (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari Saman) Melalui Metode Drill di SMA PGRI Kelas XI IS 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran Tari saman melalui Metode Drill di Kelas XI IS 2 SMA PGRI Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk Deskriptif Kuantitatif yaitu mengamati dan meningkatkan hasil belajar mengajar di kelas.. Data diambil melalui dua siklus yaitu sekitar 2 bulan lamanya tergantung kemampuan belajar yang telah diperoleh. Data diambil mulai dari bulan januari akhir sampai awal maret tahun 2018. Pada saat tes awal persentase hasil belajar siswa pada teori dan praktek ketuntasan klasikalnya adalah 43,3% dan 40%. Penilaian yang dilakukan pada siklus 1 mengalami peningkatan, persentase tes teori dan praktek pada siklus 1 adalah 66,7% pada tes teori dan 63,3% pada tes praktek tari. Ketuntasan klasikal pada siklus 1 masih terdapat siswa dibawah KKM, karena KKM di sekolah adalah 78. Selanjutnya pada siklus II pada penilaian tes kognitif hasil belajar yang diperoleh 96,7%, dan 96,7% Pada tes praktek tari. Penilaian psikomotorik atau praktek tari siswa mengalami peningkatan dari 30 orang siswa yang mendapat nilai diatas KKM adalah 24 siswa dan 6 siswa lainnya masih dibawah KKM, dengan ketuntasan klasikal 80%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Drill pada pembelajaran Tari saman dapat meningkatkan Hasil belajar siswa terutama di kelas XI IS 2 SMA PGRI Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Hasil Belajar.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:08
Last Modified: 07 Dec 2021 08:08
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4846

Actions (login required)

View Item View Item