Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Munawwarah

Yahya, Fuadri (2017) Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Munawwarah. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penilaian merupakan suatu yang amat penting dalam proses pembelajaran karena penilaianlah yang membedakan antara peserta didik dengan peserta didik yang lainnya dalam menentukan tinggi dan rendahnya kualitas peserta didik. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan kepada guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru, masih ditemukan kejangggalan-kejanggalan dalam proses penilaian, hal itu diketahui diantara gejala-gejala sebagai berikut : Masih ada guru yang hanya melakukan penilaian pada saat siswa berada di dalam kelas saja, tidak memberikan penilaian secara berkesinambungan, dan tidak memiliki pedoman observasi (baik sikap spritual, maupun sikap sosial). Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana pelaksanaan Penilaian Autentik Di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun jenis penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah itu disusun dan disajikan dalam bentuk urain untuk dianalisis guna mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru telah terlaksana dengan baik. Penilaian merupakan suatu yang amat penting dalam proses pembelajaran karena penilaianlah yang membedakan antara peserta didik dengan peserta didik yang lainnya dalam menentukan tinggi dan rendahnya kualitas peserta didik. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan kepada guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru, masih ditemukan kejangggalan-kejanggalan dalam proses penilaian, hal itu diketahui diantara gejala-gejala sebagai berikut : Masih ada guru yang hanya melakukan penilaian pada saat siswa berada di dalam kelas saja, tidak memberikan penilaian secara berkesinambungan, dan tidak memiliki pedoman observasi (baik sikap spritual, maupun sikap sosial). Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana pelaksanaan Penilaian Autentik Di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun jenis penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah itu disusun dan disajikan dalam bentuk urain untuk dianalisis guna mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru telah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan dan Penilaian autentik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:29
Last Modified: 06 Dec 2021 08:29
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item