Yahya, Fuadri (2017) Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTS Al-Munawwarah. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Penilaian merupakan suatu yang amat penting dalam proses pembelajaran karena penilaianlah yang membedakan antara peserta didik dengan peserta didik yang lainnya dalam menentukan tinggi dan rendahnya kualitas peserta didik. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan kepada guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru, masih ditemukan kejangggalan-kejanggalan dalam proses penilaian, hal itu diketahui diantara gejala-gejala sebagai berikut : Masih ada guru yang hanya melakukan penilaian pada saat siswa berada di dalam kelas saja, tidak memberikan penilaian secara berkesinambungan, dan tidak memiliki pedoman observasi (baik sikap spritual, maupun sikap sosial). Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana pelaksanaan Penilaian Autentik Di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun jenis penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah itu disusun dan disajikan dalam bentuk urain untuk dianalisis guna mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru telah terlaksana dengan baik. Penilaian merupakan suatu yang amat penting dalam proses pembelajaran karena penilaianlah yang membedakan antara peserta didik dengan peserta didik yang lainnya dalam menentukan tinggi dan rendahnya kualitas peserta didik. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan kepada guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru, masih ditemukan kejangggalan-kejanggalan dalam proses penilaian, hal itu diketahui diantara gejala-gejala sebagai berikut : Masih ada guru yang hanya melakukan penilaian pada saat siswa berada di dalam kelas saja, tidak memberikan penilaian secara berkesinambungan, dan tidak memiliki pedoman observasi (baik sikap spritual, maupun sikap sosial). Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana pelaksanaan Penilaian Autentik Di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun jenis penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah itu disusun dan disajikan dalam bentuk urain untuk dianalisis guna mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Munawwarah Pekanbaru telah terlaksana dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan dan Penilaian autentik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Febby Amelia |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:29 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:29 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4818 |
Actions (login required)
View Item |