Peningkatan Hasil Belajar Siswa Seni Budaya Bermain Musik Ansambel Sejenis (Recorder) Melalui Metode Drill Di Kelas VII.a Mts Al-Ihsan Buluh Rampai Kec. Seberida Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017-2018

Triyuniarti, Ade (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Seni Budaya Bermain Musik Ansambel Sejenis (Recorder) Melalui Metode Drill Di Kelas VII.a Mts Al-Ihsan Buluh Rampai Kec. Seberida Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017-2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar seni budaya bermain musik ansambel sejenis (recorder) melalui metode drill dikelas VII.a MTS Al-Ihsan Buluh Rampai Kec. Seberida Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017-2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2018. Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTS Al-Ihsan Buluh Rampai dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Pengumpulan data ini diperoleh melalui tes praktek untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Sedangkan untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan metode drill pada pembelajaran seni budaya. Setelah diadakan siklus I, siswa yang mencapai KKM 75 pada aspek kognitif yaitu 27 orang siswa (75%), dan siswa yang mencapai KKM 75 pada aspek psikomotorik yaitu 26 orang siswa (72.2%). Pada siklus II, siswa yang mencapai KKM 75 pada aspek kognitif yaitu 33 orang siswa (91.66%), dan siswa yang mencapai KKM 75 pada aspek psikomotorik yaitu 33 orang siswa (91.66%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwan penelitian menggunakan metode drill pada pembelajaran seni budaya (musik ansambel sejenis) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTS Al-Ihsan Buluh Rampai Rampai Kec. Seberida Kab. Indragiri Hulu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2017-2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Hasil Belajar
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:27
Last Modified: 06 Dec 2021 08:27
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item