Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau di Sekolah Dasar

Saputri, Zendyah Tryadi (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Permainan merupakan bagian yang sangat dekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan anak. Oleh karena itu, permainan dapat menjadi media dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini, peneliti mengaitkan permainan Congkak dalam matematika. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis Permainan Tradisional Melayu di Sekolah Dasar SDN 76 Pekanbaru yang teruji kelayakannya. Dalam hal ini, peneliti mengikuti langkah-langkah penelitian pengembangan Research & Development (R&D) yang dimodifikasi yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Produk akhir. Uji coba produk dilaksanakan di kelas II SD Negeri 76 Pekanbaru dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LKPD, serta angket kepraktisan RPP (respon guru), angket kepraktisan LKPD (respon peserta didik), dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji validitas RPP sebesar 81,83% dengan kategori cukup valid dan LKPD sebesar 80,10% dengan kategori cukup valid. Hasil uji kepraktisan RPP yang diperoleh dari angket RPP (respon guru) sebesar 90,62% dengan kategori sangat praktis, hasil uji kepraktisan LKPD yang diperoleh dari angket LKPD (respon peserta didik) sebesar 90,11% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh dari angket pengamat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,04% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis permainan tradisional Melayu Riau di Sekolah Dasar telah teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Permainan Tradisional Melayu Riau
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:26
Last Modified: 06 Dec 2021 08:26
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4797

Actions (login required)

View Item View Item