Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Bustanul Ulum Pekanbaru

Patjri, Rini (2018) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Bustanul Ulum Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Bustanul Ulum Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ekperimen ini di mulai dari tanggal 21 Februari 2018 sampai 14 Maret 2018. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dari keempat kelas menggunakan Purposive Sampling, dengan kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik angket dan teknik tes. Angket motivasi belajar matematika siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu dengan uji-t. Analisis angket motivasi dilakukan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar matematika sedangkan uji-t dilakukan untuk menguji hipotesis, ada atau tidaknya pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas VII4 sebagai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas VII3 sebagai kelas kontrol yang dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji-t). Hal ini dapat dilihat dari nilai posttest yaitu thitung = 2,02, ttabel = 1,67 maka diperoleh bahwa thitung > ttabel dengan taraf = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas eksperimen dan motivasi belajar matematika dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL). Motivasi Belajar Matematika Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:24
Last Modified: 03 Dec 2021 02:24
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4753

Actions (login required)

View Item View Item