Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kandis Ditinjau dari Level Kemampuan Akademik

Fingky, Indriani (2018) Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kandis Ditinjau dari Level Kemampuan Akademik. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kandis ditinjau dari level kemampuan akademik melalui penerapan model project based learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kandis Tahun Ajaran 2017/2018 yang dimulai pada 17 Januari 2018 sampai dengan 14 Februari 2018 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik non-tes dan teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif kualitatif diperoleh bahwa pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa semakin baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model project based learning, dan berdasarkan analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari tes awal ke ulangan I, dan ulangan harian II (36.20%; 49.21%; 78.63%) ditinjau dari keseluruhan siswa; (2) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siswa berkemampuan akademik sedang dan rendah dari tes awal ke ulangan harian I, dan ulangan harian II (sedang: 44.05%; 56.55%; 76.79% dan bawah: 4.55%; 29.55%; 87.88%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Kandis ditinjau dari level kemampuan akademik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Level Kemampuan Akademik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:49
Last Modified: 02 Dec 2021 07:49
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item