Fatimah, Siti (2018) Hubungan Konsep Diri Dan Cara Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik Siswa Kelas X dan XI Jurusan IPA di SMA Negeri Se-Kecamatan Kerinci Kanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (502kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri dan cara belajar dengan hasil belajar biologi berdasarkan tingkat kemampuan akademik siswa kelas X dan XI IPA di SMA Negeri Sekecamatan Kerinci Kanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasional dan pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 104 orang siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) untuk akademik tinggi, pada siswa kelas X, konsep diri (X1) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang kuat, cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang kuat, lalu konsep diri (X1) dan cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang sangat kuat. Pada siswa kelas XI IPA,konsep diri (X1) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang kuat, cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang kuat, lalu konsep diri (X1) dan cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang kuat. (2) Untuk akademik sedang, pada kelas X konsep diri (X1) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang rendah, cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang rendah, dan konsep diri (X1), cara belajar(X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang sedang. Pada siswa kelas XI konsep diri (X1) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang rendah, cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang sedang, dan konsep diri (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang sedang. (3)Untuk akademik rendah, pada kelas X konsep diri (X1) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang kuat, cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang kuat, dan konsep diri (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang kuat. Pada kelas XI konsep diri (X1) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang kuat, cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang sedang, dan konsep diri (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar biologi (Y) terdapat hubungan yang sangat kuat. Untuk uji signifikannya pada kelas X, F hitung (9,74) > F tabel (4,28), untuk kelas XI, F hitung (5,07) > F tabel (4,28), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan cara belajar dengan hasil belajar siswa akademik tinggi kelas X dan XI IPA di SMA Negeri Se-Kecamatan Kerinci Kanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk uji signifikannya pada kelas X, F hitung (4,448) > F tabel (3,38), pada kelas XI F hitung (4,344) > F tabel (3,38), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan cara belajar dengan hasil belajar siswa akademik sedang kelas X dan XI IPA di SMA Negeri Se-Kecamatan Kerinci Kanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk uji signifikannya pada kelas X F hitung (5,294) > F tabel (4,28), pada kelas XI, F hitung (95) > F tabel (4,28), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan cara belajar dengan hasil belajar siswa akademik rendah kelas X dan XI IPA di SMA Negeri Se-Kecamatan Kerinci Kanan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Cara Belajar, Hasil belajar Biologi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 08:59 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 08:59 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4560 |
Actions (login required)
View Item |