Kompetensi Pedagogik Guru Biologi (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Indragiri Hilir Tahun Ajaran 2017/2018)

Fatimah, Siti (2018) Kompetensi Pedagogik Guru Biologi (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Indragiri Hilir Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru Biologi di MTs N 1 Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah kompetensi pedagogik guru Biologi. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru di MTs N 1 Indragiri Hilir. Teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data penelitian kompetensi pedagogik guru Biologi di MTs N 1 Indragiri Hilir diperoleh pada indikator menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, berkomunikasi secara efektif,empatik dan santun dengan peseta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran dan melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikategorikan kompeten. Kemudian pada indikator memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dikategorikan tidak kompeten karena terkendala sumber daya listrik yang belum memadai. Dari 10 indikator kompetensi pedagogik guru berdasarkan Permendiknas Tahun 2007 dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru Biologi (Studi Kasus di MTs N 1 Indragiri Hilir Tahun Ajaran 2017/2018) dapat dikategorikan kompeten dengan rata-rata 93,47%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Biologi.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 24 Nov 2021 08:56
Last Modified: 24 Nov 2021 08:56
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4559

Actions (login required)

View Item View Item