Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii1 Smp Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Khairiawati, Khairiawati (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Menggunakan Handout Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii1 Smp Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan handout pada siswa kelas VII 1 di SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian Tindakan Kelas dimulai dari bulan Agustus sampai dengan September 2017 di kelas VII 1 SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII 1 SMP Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dianalisis secara deskriptif, dengan melihat daya serap, ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis data dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan handout untuk nilai kognitif diperoleh daya serap siswa sebelum PTK yaitu 76,2% dengan ketuntasan klasikal 66%, setelah setelah PTK pada siklus I yaitu 82,3% terjadi peningkatan sebesar 6,1% dengan ketuntasan klasikal sebesar 80% dan pada siklus II kembali meningkat sebesar 3,2% menjadi 85,5% dengan ketuntasan klasikal 86,7%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengam menggunakan handout dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII 1 di SMP Negeri 12 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Handout dan Hasil belajar.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:56
Last Modified: 24 Nov 2021 07:56
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4490

Actions (login required)

View Item View Item