Penerapan Model Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) untuk Menigkatkan Hasil Belajar BIOLOGI Siswa Kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017

Wulandari, Arimbi Nadya (2018) Penerapan Model Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) untuk Menigkatkan Hasil Belajar BIOLOGI Siswa Kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2017 sampai 9 Mei 2017 di kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 orang siswa dengan 18 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa yaitu nilai PPK (Kognitif) dan nilai KI (Psikomotor). Daya serap nilai PPK siswa sebelum PTK 71,14% meningkat pada siklus I menjadi 78,24% dengan peningkatan sebesar 7,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,81% dengan peningkatan sebesar 9,57%. Ketuntasan klasikal nilai PPK siswa sebelum PTK 45,71% meningkat pada siklus I menjadi 68,57% dengan peningkatan sebesar 22,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan peningkatan sebesar 51,43%. Daya serap nilai KI siswa sebelum PTK 73,85% meningkat pada siklus I menjadi 80,23% dengan peningkatan sebesar 6,38% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,54% dengan peningkatan sebesar 5,31%. Ketuntasan klasikal nilai KI sebelum PTK 60% meningkat pada siklus I menjadi 68,57% dengan peningkatan sebesar 8,57% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,54% dengan peningkatan sebesar 16,37%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pebelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:40
Last Modified: 19 Nov 2021 07:40
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4431

Actions (login required)

View Item View Item