Wulandari, Arimbi Nadya (2018) Penerapan Model Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) untuk Menigkatkan Hasil Belajar BIOLOGI Siswa Kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (463kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (930kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) yang dilaksanakan pada tanggal 17 April 2017 sampai 9 Mei 2017 di kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 orang siswa dengan 18 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa yaitu nilai PPK (Kognitif) dan nilai KI (Psikomotor). Daya serap nilai PPK siswa sebelum PTK 71,14% meningkat pada siklus I menjadi 78,24% dengan peningkatan sebesar 7,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,81% dengan peningkatan sebesar 9,57%. Ketuntasan klasikal nilai PPK siswa sebelum PTK 45,71% meningkat pada siklus I menjadi 68,57% dengan peningkatan sebesar 22,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan peningkatan sebesar 51,43%. Daya serap nilai KI siswa sebelum PTK 73,85% meningkat pada siklus I menjadi 80,23% dengan peningkatan sebesar 6,38% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,54% dengan peningkatan sebesar 5,31%. Ketuntasan klasikal nilai KI sebelum PTK 60% meningkat pada siklus I menjadi 68,57% dengan peningkatan sebesar 8,57% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,54% dengan peningkatan sebesar 16,37%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPA3 SMAN 14 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pebelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), Hasil Belajar. |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 19 Nov 2021 07:40 |
Last Modified: | 19 Nov 2021 07:40 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4431 |
Actions (login required)
View Item |