Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Dari Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tualang Desa Maredan Barat Kabupaten Siak Tahun Ajaran 2017/2018

Safira, Vivi (2018) Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Dari Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tualang Desa Maredan Barat Kabupaten Siak Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi merupakan istilah baru yang diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia jenjang pendidikan SMP/MTs kelas VIII.Materi yang merupakan istilah baru membuat siswa SMP Negeri 6 Tualang belum bisa memenuhi tuntutan dalam mengidentifikasi informasi pada teks eksplanasi. Kesulitan yang ditemukan dalam mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi yaitu mengidentifikasi struktur dan isi informasi. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tualang Desa Maredan Barat Kabupaten Siak berdasarkan struktur dan isi teks eksplanasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur teks eksplanasi : pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi, dan isi teks eksplanasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi, penulis menggunakan teori tentang teks eksplanasi oleh Priyatni (2014),dan Mahsun (2014). Teori tentang struktur teks eksplanasi oleh Kosasih (2017), teori definisi informasi oleh Romney dan Steinbart (2016), dan Finoza (2009). Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 64 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah dari aspek pernyataan umum berkategori sangat tinggi dengan rata-rata (8,5), dari aspek deretan penjelas berkategori tinggi dengan rata-rata (7,2), dari aspek interpretasi berkategori sedang dengan rata-rata (5,7), dan dari aspek isi berkategori tinggi dengan rata-rata (6,0). Simpulan dari penelitian yang berjudul kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tualang Desa Maredan Kabupaten Siak berkategori tinggi dengan rata-rata (6,9). Penulis melakukan rekapitulasi pada seluruh nilai kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi dengan jumlah 4435 dari 64 siswa yang dijadikan sampel dengan rata-rata 6,9 yang berkategori tinggi. Jadi hipotesis dalam penelitian ini ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Mengidentifikasi infomasi, Teks eksplanasi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
> Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 11 Nov 2021 08:44
Last Modified: 11 Nov 2021 08:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4212

Actions (login required)

View Item View Item