Safira, Vivi (2018) Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Dari Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tualang Desa Maredan Barat Kabupaten Siak Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (449kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi merupakan istilah baru yang diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia jenjang pendidikan SMP/MTs kelas VIII.Materi yang merupakan istilah baru membuat siswa SMP Negeri 6 Tualang belum bisa memenuhi tuntutan dalam mengidentifikasi informasi pada teks eksplanasi. Kesulitan yang ditemukan dalam mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi yaitu mengidentifikasi struktur dan isi informasi. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tualang Desa Maredan Barat Kabupaten Siak berdasarkan struktur dan isi teks eksplanasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur teks eksplanasi : pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi, dan isi teks eksplanasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi, penulis menggunakan teori tentang teks eksplanasi oleh Priyatni (2014),dan Mahsun (2014). Teori tentang struktur teks eksplanasi oleh Kosasih (2017), teori definisi informasi oleh Romney dan Steinbart (2016), dan Finoza (2009). Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 64 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah dari aspek pernyataan umum berkategori sangat tinggi dengan rata-rata (8,5), dari aspek deretan penjelas berkategori tinggi dengan rata-rata (7,2), dari aspek interpretasi berkategori sedang dengan rata-rata (5,7), dan dari aspek isi berkategori tinggi dengan rata-rata (6,0). Simpulan dari penelitian yang berjudul kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tualang Desa Maredan Kabupaten Siak berkategori tinggi dengan rata-rata (6,9). Penulis melakukan rekapitulasi pada seluruh nilai kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi dengan jumlah 4435 dari 64 siswa yang dijadikan sampel dengan rata-rata 6,9 yang berkategori tinggi. Jadi hipotesis dalam penelitian ini ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Mengidentifikasi infomasi, Teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 08:44 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 08:44 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4212 |
Actions (login required)
View Item |