Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Penerapan Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dan Hadits Di Mtsn 3 Pekanbaru

Heriadi, Muhd. Ridwan (2018) Penerapan Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dan Hadits Di Mtsn 3 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of kata_pengantar.pdf] Text
kata_pengantar.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of daftar_isi.pdf] Text
daftar_isi.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of bab1.pdf] Text
bab1.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of bab2.pdf] Text
bab2.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of bab3.pdf] Text
bab3.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (285kB)

Abstract

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengajaran. Salah satu peranan guru yang paling penting adalah mengajar dengan metode pembelajaran yang berbeda. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan oleh MTsN 3 Pekanbaru adalah metode Cooperative Learning. Metode merupakan suatu model pembelajaran dengan menggunakan kelompok kecil, bekerjasama. Keberhasilan dari model ini sangat tergantung pada kemampuan aktivitas anggota kelompok, baik secara individual maupun secara berkelompok. permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Al– Qur’an dan Hadits di MTsN 3 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Al – Qur’an dan Hadits di MTsN 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek yang di gunakan di dalam penelitian ini adalah seluruh guru Al Quran dan Hadist di MTs 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2018 dan teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan observasi sebagai insrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dsisimpulkan hasil penelitian bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran metode Cooperative Learning pada dua pertemuan. Dalam proses pembelajaran metode Cooperative Learning guru meninggalkan 2 tahap pada proses metode Cooperative Learning yaitu tahap membimbing siswa dalam bekerja kelompok dan tahap pemberian penghargaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Pembelajaran Al – Qur’an dan Hadits
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:29
Last Modified: 19 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item