Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd 048 Pekanbaru

Delpi, Moalina Selma (2018) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd 048 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (165kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (167kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (305kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (207kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Metode Demonstrasi adalah cara mengajar dengan mempertunjukan materi pembelajaran diikuti dengan penampilan tingkah laku yang dicontohkan oleh guru dan peserta didik menirukan secara nyata agar mereka memiliki pemahaman dan keterampilan maksimal sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Konsentrasi adalah pemusatan tenaga dan energi psikis dalam menghadapi suatu objek, dalam hal ini peristiwa proses belajar mengajar di kelas dan apa yang berkaitan dengan itu. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SD Negeri 048 Pekanbaru, bahwa yang mengakibatkan peserta didik kurang berkonsentrasi ketika belajar adalah suasana lingkungan yang kurang kondusif yakni letak sekolah yang terlalu dekat dengan jalan raya. Penulis melakukan penelitian pada peserta didik kls IV di SD Negeri 048 Pekanbaru dengan rumusan masalah “Apakah ada Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap konsentrasi belajar peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh Metode Demonstrasi terhadap konsentrasi belajar peserta didik di kls IV SD Negeri 048 Pekanbaru. Metode penelitian korelasi, populasi sebanyak 78 responden. Metode penelitian menggunakan jenis kuantitatif. Berdasarkan Hasil uji_t diperoleh bahwa thitung sebesar 1.321 dengan nilai ttabel 1.99167, maka diketahui nilai thitung (1.321)< ttabel (1.99167)menunjukkan variabel Metode Demonstrasi “Ada pengaruh” terhadap Konstrasi Belajar peserta didik kls IV SD 048 Pekanbaru. Besar pengaruh Metode Demonstrasi pada nilai R_Square/koefesien determinasi sebesar 0.022, ini menunjukkan pengaruh Metode Demonstrasi terhadap konsentrasi belajar peserta didik di SD Negeri 048 Pekanbaru “ sangat rendah”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Konsentrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:30
Last Modified: 19 Oct 2021 02:30
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item