Efektivitas Pembelajaran Dur'an Hadist di MTS Swasta Kota Intan Kecamatan Kunto Darus Salam Kabupaten Rokan Hulu

Afifah, Nur (2017) Efektivitas Pembelajaran Dur'an Hadist di MTS Swasta Kota Intan Kecamatan Kunto Darus Salam Kabupaten Rokan Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Efektivitas pembelajaran Qur’an Hadits di MTs Suwasta Kota Intan Kecematan Kunto Darus Salam Kabupaten Rokan Hulu ini berangkat dari berbagai gejala yang ada di antaranya yaitu adanya penyampaian materi tanpa satuan pelajajaran Masih ada materi pelajaran yang belum di kuasai saat proses belajar mengajar berlangsung.Dalam menerangkan materi pelajaran metode yang dipergunakan belum bervariasi. Masih ada siswa yang belum terlibat secara efektif, baik mental maupun fisik dalam belajar.Materi pelajaran Qur’an Hadist masih ada yang tidak dihubungkan dengan kehidupan nyata di masyarakat.Sehubungan dengan hal tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran Qur’an Hadits di MTs Suwasta KecematanKuntoDarus Salam Kabupaten Rokan Hulu tujuan penelitianSejalan dengan perumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui Efektifitas pembelajaran al-Quran Hadist di MTs Kecematan Rokan Hulu Kabupaten Rokan HuluEfektivitas Pembelajaran Qur’an Hadits ini menurut adanya belajar tuntas. Belajar tuntas dapat di artikan sebagai penguasaan (hasil belajar) siswa secara penuh terhadap seluruh bahan yang dipelajari. Untuk memperoleh data dari penelitian ini, maka digunakan metode pengumpulan data berupa observasi Kepada guru Qur’an Hadits. Teknik pengolahan dan analisa data ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Pembelajaran Qur’an Hadits di MTs Suwasta Kota Intan Kecamatan Kunto Darus Salam Kabupaten Rokan Hulu ‘’ cukup’’, dengan persentase sebesar 75%. Penelitian ini juga menunjukkan hasil analisa faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran Qur’an Hadist di MTs Suwasta Kota Intan Kecamatan Kunto Darus Salam Kabupaten Rokan Hulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Abu Ahmadi, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1991. Darwiyan Syah, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, PT. Gaung Persada Press, Jakarta 2007. Dimyati Mudjiono dan Gagne, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta 2006 E, Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung , 2008. Gagne, E.D. (1985). The Cognitive Psychology of School Learning. Gagne, R.M. 1985. The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt Rineehart and Winston. Hamzah B. Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Bumi Aksara, 2006. Hasbullah, Dasar – dasar Ilmu Pendidikan,Bandung: Raja Grafindo, 1999 Heri Gunawan,.Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung 2012 M. Athiyah Al- Abrasyi, Dasar –dasar Pokokok Pendidikan Islam, Bulan bintang: Jakarta, 1970 Raka Joni, T.. 1992. Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Strategi Aktif dan Pembinaan Profesional Guru , Kepala Sekolah, Pemilik dan Pengawas Sekolah serta Pembina lainnya, Jakarta: Depdikbud. Rizal Dairi. Metodologi Penelitian Berbasis Kompetensi, pekanbaru,UIR, Press, 2008 Syamsuddin, dkk, Pedoman Pembelajaran AL-Qur’an Hadits, Depag-Unicef, Jakarta, 2000. Syamsuddin . dan Vismaia S. Damaianti,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung 2015 Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.Jakarta. 2006 Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung 2015 Umiarso dan Imam Gojali, Manajemen Mutu Era Otonomi Pendidikan (Menjual Mutu Pendidikan dengan pendekatan Quality Control Bagi Pelaku Lembaga Pendidikan), Ircisod, Jogjakarta, 2010. Winkel, W. S.. 1991. Psikilogi Pengajaran. Jakarta: Gramedia. Zakiah Daradjat , dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara; Jakarta, 1992
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
> Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:02
Last Modified: 04 Mar 2021 08:02
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/2244

Actions (login required)

View Item View Item