Upaya Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembeajran Seni Budaya (Tari Saman) Dengan Pendekatan Cooperative Learnin Model Jigsaw di SMPN 1 Bungaraya Kabupaten Siak Tahun Ajaran 2017/2018

Sriyani, Wiwin (2018) Upaya Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembeajran Seni Budaya (Tari Saman) Dengan Pendekatan Cooperative Learnin Model Jigsaw di SMPN 1 Bungaraya Kabupaten Siak Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII 5 di SMPN 1 Bungaraya Kabupaten Siak. Waktu penelitian ini telah dilakukan dari bulan januari sampai Februari 2018. Tempat penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Bungaraya Kabupaten Siak. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VIII 5 dan guru seni budaya yang mengajar di kelas VIII 5 SMPN 1 Bungaraya Kabupaten Siak. Dalam hal ini penulis menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teori yang digunakan untuk menjawab semua masalah penelitian ini adalah teori Munandar, Isjoni, Robert E. Slafin, Elfis, dan Sugiyono. Dalam melakukan proses pembelajaran peneliti menggunakan 2 siklus. Dalam pengambilan nilai terdapat tiga aspek yang akan menjadi landasan penilaian, yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (praktik) dengan nilai KKM yaitu 75. Rekapitulasi nilai pengetahuan mengalami kenaikan, pada uji coba dengan nilai rata-rata yaitu 75.3, pada siklus I dengan nilai rata-rata 83.99 dan siklus II dengan nilai rata-rata 89.55. sedangkan untuk hasil nilai psikomotorik (praktik) juga mengalami kenaikan, pada uji coba dengan nilai rata-rata yaitu 70, pada siklus I dengan nilai rata-rata 75.6 dan siklus II dengan nilai rata-rata88.3. Dapat disimpukam dari hasil analisis data bahwa hasil penerapan pendekatan cooperative learning model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas VIII 5 SMPN 1 Bungaraya Kabupaten Siak dengan sampel 26 siswa dan 1 guru seni budaya dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan, Prestasi belajar Siswa, Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 16 Dec 2021 08:44
Last Modified: 16 Dec 2021 08:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item View Item