Upaya Meningkatkan Kemampuan Menari Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Gerak Dasar Tari) Melalui Metode Drill di Kelas VII.I SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Dewi, Shintiya (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menari Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Gerak Dasar Tari) Melalui Metode Drill di Kelas VII.I SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan menari siswa pada mata pelajaran seni budaya (gerak dasar tari) melalui metode drill di kelas VII.I SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk deskriptif kuantitatif yaitu mengamati dan meningkatkan hasil kemampuan dan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan penelitian ini, data akan diambil bersamaan dengan mulainya proses belajar-mengajar seni budaya di kelas VII.I SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 pada semester genap. Data diambil memlalu dua siklus yaitu berkisar antara dua atau tiga bulan lamanya tergantung kemampuan belajar yang telah meningkat atau perlu di tingkatkan lagi. Data diambil dari bulan Januari-Februari tahun 2018 yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik siswa. Pada tes awal kemampuan intelektual siswa terdapat 26 siswa yang tuntas dengan persentase 72% dan kemampuan fisik saat tes awal hanya 1 siswa yang tuntas. Kemudain hasil siklus I pada kemampuan intelektual meningkat dari hasil tes awal sebelumnya yaitu terdapat 28 siswa yang tuntas dengan persentase 77% dengan kategori baik dan pada kemampuan fisik berdasarkan aspek wiraga, wirama, dan wirasa, terdapat 8 siswa tuntas dengan persentase 65% . Selanjutnya pada hasil siklus II terdapat pada kemampuan intelektual meningkat dari siklus I yakni 35 siswa yang tuntas dengan persentase 97% dan fisik mengalami peningkatan yakni terdapat 21 siswa yang tuntas dengan persentase 58% dengan kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode “Driil” pada pembelajaran seni budaya tari dapat meningkatkan kemampuan menari siswa terutama di SMP Negeri 18 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode “Drill”, kemampuan menari
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:54
Last Modified: 16 Dec 2021 03:54
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5016

Actions (login required)

View Item View Item