Dewi, Shintiya (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menari Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Gerak Dasar Tari) Melalui Metode Drill di Kelas VII.I SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan menari siswa pada mata pelajaran seni budaya (gerak dasar tari) melalui metode drill di kelas VII.I SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk deskriptif kuantitatif yaitu mengamati dan meningkatkan hasil kemampuan dan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan penelitian ini, data akan diambil bersamaan dengan mulainya proses belajar-mengajar seni budaya di kelas VII.I SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 pada semester genap. Data diambil memlalu dua siklus yaitu berkisar antara dua atau tiga bulan lamanya tergantung kemampuan belajar yang telah meningkat atau perlu di tingkatkan lagi. Data diambil dari bulan Januari-Februari tahun 2018 yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik siswa. Pada tes awal kemampuan intelektual siswa terdapat 26 siswa yang tuntas dengan persentase 72% dan kemampuan fisik saat tes awal hanya 1 siswa yang tuntas. Kemudain hasil siklus I pada kemampuan intelektual meningkat dari hasil tes awal sebelumnya yaitu terdapat 28 siswa yang tuntas dengan persentase 77% dengan kategori baik dan pada kemampuan fisik berdasarkan aspek wiraga, wirama, dan wirasa, terdapat 8 siswa tuntas dengan persentase 65% . Selanjutnya pada hasil siklus II terdapat pada kemampuan intelektual meningkat dari siklus I yakni 35 siswa yang tuntas dengan persentase 97% dan fisik mengalami peningkatan yakni terdapat 21 siswa yang tuntas dengan persentase 58% dengan kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode “Driil” pada pembelajaran seni budaya tari dapat meningkatkan kemampuan menari siswa terutama di SMP Negeri 18 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode “Drill”, kemampuan menari |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:54 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:54 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5016 |
Actions (login required)
View Item |