Noviandi, Pamil (2018) Pembinaan Tari Melalui Ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (359kB) | Preview |
Abstract
Pembinaan tari melalui ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan dan minat siswa, yang dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah. Dalam kegiatan ekstrakurikuler perlu bimbingan dan arahan dalam pelaksanaannya dan wajib bagi semua pihak sekolah, guru, dan orang tua, dapat memberikan dorongan semangat dan mitivasi bak secara moral maupun maupun secara material. Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang baik ditandai oleh adanya perubahan dan pembaharuan. Berbagai macam jenis ekstrakurikuler yang dapat diikuti dan diminati oleh siswa, salah satunya ekstrakurikuler tari. Ekstrakurikuler ini merupakan kegiatan yang mengacu kepada gerak tubuh, adanya sekelompok siswa yang menari secara bersama dengan menggunakan pola yang telah ditentukan. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pembinaan tari persembahan melalui ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar. Dalam melalukan pembinaan tari melalui ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar, harus mengkaji tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan tari persembahan, dimana seorang pembina harus bisa merencanakan, membimbing, serta mengevaluasi, dalam proses pembinaan tari persembahan melalui ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar. Pembina sangat berperan penting dalam proses pembinaan tari melalui ekstrakurikuler ini, karena dapat membimbing serta memotivasi siswa untuk meningkatkan kreatifitas dan prestasi yang akan dicapai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan data kualitatif alasan karena metode ini melibatkan secara langsung objek yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang diantaranya 7 orang siswa, 1 orang pembina dan 1 orang peneliti. Tujuan diadakan ekstrakurikuler adalah untuk mengasah kreatifitas siswa, menggali minat bakat mereka untuk menjadikan mereka lebih terampil dalam bidang tari. Materi pembinaan tari persembahan melalui ekstrakurikuler di MAN 3 Kampar. Metode yang digunakan pembina adalah metode ceramah dan praktek. Sarana dan prasarana di MAN 3 Kampar adalah ruang kelas, laptop, dan speaker. Penelitian langsung waktu proses latihan, penilaian langsung diberikan secara kualitatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Tari melalui Ekstrakurikuler |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:30 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:30 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4971 |
Actions (login required)
View Item |