Pengaruh Berat Roller Transmisi CVT Terhadap Performence Sepeda Motor Matic Satu Silinder

Pratama, Puji Septian (2018) Pengaruh Berat Roller Transmisi CVT Terhadap Performence Sepeda Motor Matic Satu Silinder. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
c. ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
d. KATA PENGANTAR.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e. DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
g. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
h. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
i. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
j. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya mobilitas masyarakat pada saat ini dan didukung dengan kurang representatifnya transportasi umum di Indonesia membuat industri otomotif mobil maupun sepeda motor berkembang dengan pesat. Dan produk dari industri otomotif yang paling diminati di Indonesia adalah kendaraan roda dua atau sering disebut dengan sepeda motor. Pada masa sekarang ini sepeda motor matic sangat cocok untuk dipakai karena tidak perlu lagi memindahkan gigi karena sudah otomatis. Pada sepeda motor matic menggunakan sistem transmisi otomatis yang disebut dengan cvt (continuously variable transmission). Perbedaan dasar cvt dibandingkan dengan pemindah tenaga lain adalah cara meneruskan torsi atau daya dari mesin ke roda. Pada penelitian ini dilakukan penggantian variasi berat roller dengan berat 14gr, 18gr (standart), dan 10gr. Dengan variasi berat yang berbeda ini yang nantinya akan diteliti lebih lanjut tentang dampak perubahan performa yang dihasilkan. Diharapkan modifikasi ini mampu meningkatkan performa mesin yang optimal. Dari penelitian yang telah dilakukan antara variasi berat roller adalah roller 10gr menghasilkan daya yang lebih besar (9,9 HP) daripada roller 18gr (8,8 HP) dan 14gr (9,5 HP). Pada penelitian konsumsi bahan bakar (fc), roller 14gr dan 18gr memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit daripada roller 10gr pada putaran 5000rpm. Sedangkan pada penelitian konsumsi bahan bakar spesifik efektif (sfce), pada putaran 5000rpm roller 10gr memiliki konsumsi bahan bakar spesifik efektif paling tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Roller, CVT, Performa, Sistem Transmisi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: > Teknik Mesin
Depositing User: T Ida Adriani
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:32
Last Modified: 09 Dec 2021 03:32
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4926

Actions (login required)

View Item View Item