Hijrin, Azizi (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Lenggang Patah Sembilan) Melalui Metode Tutor Sebaya Di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Rengat T.A 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran Tari Lenggang Patah Sembilan melalui Metode Tutor Sebaya di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk Deskriptif Kuantitatif yaitu mengamati dan meningkatkan hsil belajar mengajar di kelas.. Data diambil melalui dua siklus yaitu sekitar 2 bulan lamanya tergantung kemampuan belajar yang telah diperoleh. Data diambil mulai dari bulan januari akhir sampai awal maret tahun 2018. Pada saat tes awal persentase hasil belajar siswa pada teori dan praktek ketuntasan klasikalnya adalah 56,62% dan 37,9%. Penilaian yang dilakukan pada siklus 1 mengalami peningkatan, persentase tes teori dan praktek pada siklus 1 adalah 75,86% pada tes teori dan 68,95% pada tes praktek tari. Ketuntasan klasikal pada siklus 1 masih terdapat siswa dibawah KKM, karena KKM di sekolah adalah 80. Selanjutnya pada siklus II pada penilaian tes kognitif hasil belajar yang diperoleh 29 siswa tuntas semua atau memperoleh nilai diatas 80 dengan ketuntasan klasikal 100%. Pada penilaian psikomotorik atau praktek tari siswa mengalami peningkatan dari 29 orang siswa yang mendapat nilai diatas KKM adalah 26 siswa dan 3 siswa lainnya masih dibawah KKM, dengan ketuntasan klasikal 89,65%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Tutor Sebaya pada pembelajaran Tari Lenggang Patah Sembilan dapat meningkatkan Hasil belajar siswa terutama di kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Rengat Indragiri Hulu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar. |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:31 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:31 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4829 |
Actions (login required)
View Item |