Saputri, Zendyah Tryadi (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Permainan merupakan bagian yang sangat dekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan anak. Oleh karena itu, permainan dapat menjadi media dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini, peneliti mengaitkan permainan Congkak dalam matematika. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis Permainan Tradisional Melayu di Sekolah Dasar SDN 76 Pekanbaru yang teruji kelayakannya. Dalam hal ini, peneliti mengikuti langkah-langkah penelitian pengembangan Research & Development (R&D) yang dimodifikasi yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Produk akhir. Uji coba produk dilaksanakan di kelas II SD Negeri 76 Pekanbaru dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LKPD, serta angket kepraktisan RPP (respon guru), angket kepraktisan LKPD (respon peserta didik), dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji validitas RPP sebesar 81,83% dengan kategori cukup valid dan LKPD sebesar 80,10% dengan kategori cukup valid. Hasil uji kepraktisan RPP yang diperoleh dari angket RPP (respon guru) sebesar 90,62% dengan kategori sangat praktis, hasil uji kepraktisan LKPD yang diperoleh dari angket LKPD (respon peserta didik) sebesar 90,11% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh dari angket pengamat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,04% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis permainan tradisional Melayu Riau di Sekolah Dasar telah teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Permainan Tradisional Melayu Riau |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 08:26 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 08:26 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4797 |
Actions (login required)
View Item |