Wulandari, Wulandari (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VIII.5 SMPN 2 Siak Hulu. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMPN 2 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dari tanggal 08 November 2017 sampai dengan tanggal 30 November 2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pengamatan dan teknik tes. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dipeoleh bahwa pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa semangkin baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning. Selanjutnya terjadi peningkatan hasil belajar terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor dasar ada 5 siswa (23,81%), pada ulangan harian I terjadi peningkatan menjadi 7 siswa (33,33%) dan pada ulangan harian II terjadi peningkatan lagi menjadi 14 siswa (66,76%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran di kelas VIII.5 SMPN 2 Siak Hulu dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok sistem persamaan linear dua variabel tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:44 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:44 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4786 |
Actions (login required)
View Item |