Wirdhaningrum, Tria Ardhiana (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan perangkat berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kubus dan balok ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis CTL pada materi kubus dan balok yang memenuhi aspek valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa RPP dan LKPD dengan pendekatan CTL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi R&D yang melalui tahap-tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) produk akhir. Instrumen pengumpulan data dalampenelitian ini adalah angket validasi RPP, angket validasi LKPD, angket respon guru, angket respon siswa, serta angket keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner non tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 89,02% dan nilai kevalidan LKPD sebesar 76,24%. Hasil kepraktisan RPP sebesar 76,78%, hasil kepraktisan LKPD sebesar 91,76%, serta hasil keterlaksanaan pembelajaran telah terlaksana secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL pada materi kubus dan balok Siswa Kelas VIII SMP telah menghasilkan RPP yang sangat valid dan cukup praktis, serta LKPD yang cukup valid, dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 01:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 01:43 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4780 |
Actions (login required)
View Item |