Karlinasari, Siti (2018) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Babunnajah Kampar. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Babunnajah Kampar tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan metode eksperimen semu dan menggunakan desain Untreated Control Group Design With Pretest-and Posttest dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MA Babunnajah Kampar. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling atau yang dikenal dengan sampel acak sehingga terpilih kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik dokumentasi, teknik penilaian autentik dan teknik observasi. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi berupa video dan foto. Tes hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar posttest siswa kelas eksperimen (X IPA 1) = 70,32 dan kelas kontrol (X IPA 2) = 62,26. Selanjutnya, berdasarkan analisis data uji-t diketahui bahwa thitung = > ttabel = 1,684 dengan taraf = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Babunnajah Kampar yang berarti hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kontekstual lebih baik dari hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:49 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:49 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4765 |
Actions (login required)
View Item |