Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 3 Tualang

Permata, Sista Indah (2018) Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 3 Tualang. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan alar peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 3 Tualang Tahun Pelajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Tualang sebanyak 140 siswa dengan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive sehingga ditentukan kelas VII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar matematika (posstest). Data posstest dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Pada analisis inferensial data diuji dengan uji normalitas, uji homogentitas, dan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar posstest siswa kelas eksperimen = 71,28 dan kelas kontrol = 42,32. Selanjutnya, berdasarkan analisis inferensial yang menggunakan uji perbedaan dau rata-rata diketahui bahwa thitung = 6,53˃ ttabel= 1,673 dengan taraf α = 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 3 Tualang Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Alat Peraga, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:47
Last Modified: 03 Dec 2021 02:47
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4763

Actions (login required)

View Item View Item