Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Biologi Kognitif Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016

Hasibuan, Marliah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Biologi Kognitif Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif biologi yang menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah pada kelas XI SMAN 10 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016 pada materi Sistem Ekskresi. Pengambilan data dimulai dari Maret sampai dengan April 2016. Populasi adalah siswa kelas XI SMAN 10 Pekanbaru yang berjumlah 76 orang siswa, dengan sampel terdiri dari dua kelas penelitian yaitu kelas eksperimen yang menerapkan problem based learning (XI 2) dan kelas kontrol (XI1). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian sebelum perlakuan adalah sama dengan ketuntasan klasikal 68. Pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe problem based learning mengalami peningkatan dengan daya serap kognitif pada Kuis yaitu 85, daya serap pada Pekerjaan Rumah yaitu 85, daya serap pada Lembar Kerrja Siswa yaitu 85, dan daya serap kognitif pada Ujian Blok meningkat menjadi 86, sedangkan kelas kontrol daya serap kuis yaitu 81, daya serap Pekerjaan Rumah yaitu 84, daya serap pada Lembar Kerja Siswa yaitu 83, sedangkan daya serap kognitif meningkat menjadi 84. Ketuntasan klasikal siswa kelas eksperimen pada kuis yaitu 79%, ketuntasan klasikal Pekerjaan Rumah yaitu 94%, ketuntasan klasikal Lembar Kerja Siswa yaitu 97%, dan Ketuntasan klasikal kognitif Ujian Blok adalah 84%, sedangkan pada ketuntasan klasikal kelas kontrol pada kuis adalah yaitu 66%, ketuntasan klasikal Pekerjaan Rumah yaitu 89%, ketuntasan klasikal Lembar Kerja Siswa yaitu 95%, dan ketuntasan klasikal kognitif Ujian Blok adalah 76%. Dengan Taraf Signifikan (0,05), dimana t hitung > t tabel (10 > 2,02). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar biologi yang berarti kelas yang menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah pada materi Sistem Ekskresi pada kelas XI i SMAN 10 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:58
Last Modified: 24 Nov 2021 07:58
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item