Penerapan Model Pembelajaran Pair Check pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X ATP1 SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2015/2016

Puspasari, Endah (2018) Penerapan Model Pembelajaran Pair Check pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X ATP1 SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Pair Check pada kelas X Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP)1 SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2015/2016. Jumlah sampel 32 orang siswa, yang terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan tanggal 18 Februari 2016 sampai 21 April 2016. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar siswa pada nilai kognitif dan psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif hasil belajar siswa dilakukan sebanyak dua Siklus yang terdiri dari delapan kali pertemuan, diperoleh daya serap PPK siswa dari sebelum PTK (77,66%) setelah PTK Siklus 1 meningkat (81,53%) dan mengalami peningkatan lagi setelah PTK Siklus 2 menjadi (85,18%). Ketuntasan belajar PPK siswa sebelum PTK (46,87%) meningkat menjadi (68,75%) setelah PTK Siklus 1 dan pada Siklus 2 meningkat menjadi (93,75%). Daya serap KI siswa sebelum PTK (82,36%) setelah PTK Siklus I (83,94%) dan mengalami peningkatan setelah PTK Siklus 2 menjadi (85,91%). Ketuntasan belajar KI siswa sebelum PTK (75%) meningkat menjadi (87,5%) setelah PTK Siklus 1 dan pada Siklus 2 meningkat menjadi (100%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X ATP 1 SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pair Check, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:56
Last Modified: 23 Nov 2021 03:56
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item