Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 4 SMPN 6 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018

Tambusai, T. Yasni (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 4 SMPN 6 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa dalam menerapkan model pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) pada pembelajaran sistem gerak manusia dan sistem pencernaan manusia. Kelas yang diambil untuk menerapkan model pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) adalah kelas VIII4 SMPN 6 Siak Hulu yang jumlah siswa 25 orang, dimana laki-laki berjumlah 12 dan perempuan berjumlah 13 orang. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar yang diperoleh dari kuis di setiap pertemuan, pekerjaan rumah, latihan dan ujian blok setiap siklus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif hasil belajar dilakukan sebanyak dua kali siklus yang terdiri dari 10 pertemuan. Daya serap siswa mengalami peningkatan sebesar 10.06%, dari sebelum PTK (72.98%) setelah PTK siklus I (83.04%) dan mengalami peningkatan 6.84% setelah siklus II (89.88%). Ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK (40%), pada siklus I (72%) dan siklus II meningkat menjadi (96%). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII4 SMPN 6 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 18 Nov 2021 08:12
Last Modified: 18 Nov 2021 08:12
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item View Item