Prinsip Kesantunan Dalam Tuturan Performatif Siswa di SMP PGRI Pekanbaru.

Mardianti, Afri (2018) Prinsip Kesantunan Dalam Tuturan Performatif Siswa di SMP PGRI Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (231kB)
[img] Text
kata_pengantar.pdf

Download (351kB)
[img] Text
daftar_isi.pdf

Download (242kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (470kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (679kB)
[img] Text
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

Prinsip kesantunan seorang penutur harus peka dengan situasi pada saat peristiwa tutur terjadi, kapan seorang penutur harus mengalah, dan kapan seorang menguasai tuturan. Adapun masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah tuturan performatif siswa di SMP PGRI Pekanbaru dan bagaimanakah maksim prinsip kesantunan yang terdapat dalam tuturan performatif siswa di SMP PGRI Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tuturan performatif siswa SMP PGRI Pekanbaru dan mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterprestasikan prinsip kesantunan yang terdapat dalam tuturan performatif siswa SMP PGRI Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana pragmatik kajian teori dan analisis oleh Wijana dan Rohmadi (2009) dan didukung oleh teori-teori lainnya seperti; Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia oleh Kunjana Rahardi (2005), Pragmatik oleh George Yule (2006), Pragmatik dan Penelitian Pragmatik oleh F. X. Nadar (2009), Geoffrey Leech (1993), dan pengajaran Pragmatik dari Tarigan (1986). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu menggambarkan keadaan yang sebenarnya dengan menganalisis dan menginterpretasikan data agar menemukan maksim-maksim prinsip kesantunan dalam tuturan siswa SMP PGRI Pekanbaru. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, dan teknik catat. Kesimpulan dari penelitian yaitu prinsip kesantunan dalam tuturan performatif siswa SMP PGRI Pekanbaru terdapat 51 tuturan performatif, yang memenuhi syarat niat terdapat 0 tuturan, syarat pelaksanaan terdapat 30 tuturan, syarat kemampuan terdapat 16 tuturan, syarat tindakan yang akan dilakukan 11 tuturan, dan syarat tindakan yang dilakukan orang lain terdapat 0 tuturan. Pada maksim kebijaksanaan terdapat 8 tuturan, permufakatan sebanyak 45 tuturan dan maksim kesimpatian terdapat 1 tuturan. Tuturan performatif yang di dapat peneliti selama 6 hari dan 6 situasi sebanyak 51 tuturan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prinsip Kesantunan, Tuturan Performatif, SMP PGRI Pekanbaru.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:02
Last Modified: 09 Nov 2021 02:02
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4084

Actions (login required)

View Item View Item