Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Dengan Menggunakan Pamflet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII.1 SMPN 38 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017

Marlina, Noni (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Dengan Menggunakan Pamflet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII.1 SMPN 38 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII. 1 SMPN 38 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 dengan penerapan pembelajaran Jigsaw II dengan menggunakan pamflet. Pembelajaran kooperatif model Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 yang berjumlah berjumlah 30 orang siswa dengan 18 orang siswa laki laki dan 12 siswi perempuan. Parameter yang diukur adalah penilaian pencapaian Kognitif (PPK). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data, daya serap peserta didik sebelum PTK 72. 9%, setelah PTK siklus I sebesar 76. 81% maka terjadi peningkatan sebesar 3,91% dari sebelum PTK. Pada siklus II daya serap PPK siswa meningkat menjadi 81,19% dan mengalami peningkatan sebesar 4,38% dari siklus I. Ketuntasan klasikal PPK siswa sebelum PTK yaitu 63%, pada siklus I ketuntasan klasikal siswa adalah 67%, dan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa adalah 87%, mengalami peningkatan sebesar 20%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas siswa kelas VII.1 SMPN 38 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw II, Hasil Belajar Kognitif , Pamflet
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mia
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:18
Last Modified: 05 Nov 2021 07:18
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4040

Actions (login required)

View Item View Item