Saputri, Alna Liana (2018) Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Terhadap Penggunaan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Other thesis, Universitas Islam Riau.
Text
abstrak.pdf Download (316kB) |
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (351kB) |
|
Text
daftar_isi.pdf Download (466kB) |
|
Text
bab1.pdf Download (529kB) |
|
Text
bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab3.pdf Download (533kB) |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (288kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pada penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran. Metode diskusi suatu metode pembelajaran yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk membahas suatu masalah tertentu, dimana hasil dan pemecahan masalah tersebut didasarkan pada kesepakatan bersama. Sedangkan persepsi adalah cara pandang atau penilaian seseorang terhadap sesuatu setelah ia menerima stimulus dari luar melalui indra dan pengalamannya sehingga terjadi proses berfikir dan kemudian timbul menjadi sebuah pemahaman. Seharusnya dengan penggunaan metode diskusi dapat menghasilkan proses pembelajaran yang lebih baik. Namun kenyataannya, masih ada mahasiswa memiliki persepsi bahwa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran belum berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala sebagai berikut: Sebagian dosen jarang menanyakan tentang pembelajaran yang telah lalu, sebagian dosen jarang mengendalikan mahasiswa yang terlalu banyak bicara, sebagian dosen jarang mengatasi ketegangan yang terjadi saat diskusi, sebagian dosen jarang meminta mahasiswa untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi, sebagian dosen jarang membuat penilaian terhadap pelaksanaan diskusi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Selanjutnya peneliti membatasi permasalahan penelitian, yaitu: Persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Tahun Akademik 2016/2017 terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Kemudian, untuk populasi dan sampel, peneliti mengambil 74% dari 134 orang mahasiswa Tahun Akademik 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam terhadap penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau adalah “Baik”. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase yang diperoleh yaitu 73,01%. Sesuai dengan standar yang telah ditetapkan bahwa prosentase 61%-80% berada dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi dan Metode Diskusi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 02:47 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:47 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3366 |
Actions (login required)
View Item |