Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Opini Driver Gojek Terhadap Penipuan Dalam Jasa Pesan Antar Makanan Yang Dilakukan Oleh Pelanggan di Kota Pekanbaru

Zaputra, Edy (2018) Opini Driver Gojek Terhadap Penipuan Dalam Jasa Pesan Antar Makanan Yang Dilakukan Oleh Pelanggan di Kota Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of kata_pengantar.pdf] Text
kata_pengantar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of daftar_isi.pdf] Text
daftar_isi.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of bab1.pdf] Text
bab1.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of bab2.pdf] Text
bab2.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of bab3.pdf] Text
bab3.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf] Text
daftar_pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Ada penipuan yang di alami olehdriver Go-jek di Indonesia, kasus penipuan ini terkait pesan antar makanan. Driver yang sampai tertipu dengan jumlah metari yang kecil hingga kepaling besar. Dari kasus yang terjadi di kalangan Gojek saat ini. Peneliti mengambil sampel di salah satu basecampposkoGojek di Kota Pekanbaru yaitu Banten Nusantara.Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan berbagai opini driver Go-jek yang mengatakan bahwa yang melakukan penipuan tidak hanya dari kalangan masyarakat biasa tetapi dari sesamadriver Go-jek juga melakukan hal ini, karena meningkatnya saingan antar sesama driver. Serta adanya aplikasi tambahan maps yang digunakan olehdriver untuk mempermudah mendapatkan orderan sehingga daya saing antara driver akan semain sulit. Driver kehilangan uang juga akan mendapatkan penilaian performa yang buruk dari PT.Go-jek Indonesia.Driver yangberupaya menghindari dengan mengambil sikap lebih teliti dari memilih customer, serta mengkonfirmasi kembali bagi customeryang memesan barang kepada mereka.Driver mengharapkan agar PT.Go-Jek dapat lebih koorperatif lagi dalam menghadapidriver yang menjadi korban penipuan. Sehingga tidak langsung menurut kan performa mereka.Oleh karna itu opini yang ditemukan hasil penelitian mengarah ke opini negatif dimana opini negatif yang di dapat merupakan hasil dari sikapdrivergo-jek yang tidak senangadanya penipuan dalam antar pesan makanan terlebih pelaku dari penipuan tersebut dari driver gojek itu sendiri yang dilandasi beberapa faktor dari kecemburuan sosial, faktor persaingan bekerja sebagai driverdilihat dari jumlah driver gojek yang sudah banyak mencapai ribuandan faktor ekonomi.Harapan dari driver GoJek kepada PT.Go-Jek Indonesia untuk dapat meninjak lanjut kasus penipuan dancari pelakunyaagar pelaku penipuan menjadi jeradan jugadi berhentikan sebagai driver Go-jek. Memperkuat akun dalam pembuatan email costumer yang tidak valid menjadi valid serta mau mendengarkandriver ketika ada nya adu banding dengan pihak di kantor gojek jika adanya permasalahan terkait adanya penipuan dalam jasa antar pesan makanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gojek, Opini, Penipuan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:29
Last Modified: 19 Oct 2021 08:29
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item