Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Persembahan) Melalui Metode Group Resume

Fitriyani, Fera (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Persembahan) Melalui Metode Group Resume. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of bab1.pdf]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of bab2.pdf]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of bab3.pdf]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan belajar dengan menggunakan metode group resume dalam mata pelajaran seni budaya (Tari) di SMPN 1 Rengat Barat Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Teori yang digunakan menurut Melvin Silberman 1992:34 pembelajaran metode group resume adalah pendekatan dalam pembelajaran yang mensyaratkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi dasar mata pelajaran. Populasi pada penelitian ini adalah yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Rengat Barat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel berdasarkan keseluruhan siswa yang berjumlah 26 orang siswa. Jenis penelitian ini metode penelitian tindakan kelas dengan kuantitatif. Metode ini bertujuan mengambarkan cara guru memberi pengajaran sampai tuntas kepada siswa. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar dapat meningkatkan melalui metode ghroup resume diketahui pada awal hanya tercapai rata-rata 57,57 berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata 57,58 bearada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa tercapai pada rata-rata nilai 85,30 berada pada kategori baik. Dengan demikian penelitian berhasil . karena indikator kinerja yang menjadi acuan keberhasilan penelitian telah melebihi 80% dari jumlah seluruh siswa memperoleh nilai minimal 75 dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Group Resume (kelompok)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:16
Last Modified: 07 Dec 2021 08:16
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item