Fahri, Fajar (2018) Keterampilan Menjelaskan Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Budhi Luhur Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
| Preview | Text abstrak.pdf Download (375kB) | Preview | 
| Preview | Text kata_pengantar.pdf Download (293kB) | Preview | 
| Preview | Text daftar_isi.pdf Download (237kB) | Preview | 
| Preview | Text abstrak.pdf Download (375kB) | Preview | 
| Preview | Text bab2.pdf Download (419kB) | Preview | 
| Preview | Text bab3.pdf Download (355kB) | Preview | 
| ![bab4.pdf [thumbnail of bab4.pdf]](https://repository.uir.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy | 
| ![bab5.pdf [thumbnail of bab5.pdf]](https://repository.uir.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy | 
| Preview | Text daftar_pustaka.pdf Download (236kB) | Preview | 
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembang kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan bangsa indnesia. Dalam dunia pendidikan Keterampilan Guru bukanlah istilah asing yang dikenal dengan istilah Keterampilan Dasar Mengajar (general teaching skills), Meskipun secara umum keterampilan mengajar di kelas bukan hanya melihat pada kompetensi paedagogik namun lebih mengarah pada kompetensi secara umum yang diaplikasikan di kelas sehingga siap tranformasikan oleh guru pada peserta didik. Kompetensi secara umum merupakan seperangkat kemampuan atau keterampilan yang dimiliki dengan prinsif aktualisas diri yang dilakukan dengan konsep berkelanjutan dan relevansi. Sedangkan,Keterampilan Dasar Mengajar merupakan suatu karakteristik umum dari seseorang yang berhubungan dengan pengetahuan yang dikombinasikan dengan pengalaman serta cerminan yang diwujudkan melalui tindakan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan dengan konsep berulang-ulang dan relevansi. Penelitian ini bertujuan mendapatkan informasi dan gambaran. keterampilan menjelaskan guru pada mata pelajaran ekonomi di SMA Budhi Luhur Pekanbaru dilihat dari a) kejelasan, b) penggunaa ncontoh/ilustrasi, c) penekanan, d) cara mengorganisir, e) balikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian deskriftif dimaksud untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan “apa adanya” tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Lokasi penelitian ini di SMA Budhi Luhur Pekanbaru, yaitu sebanyak 20 sampel. Berdasarkan hasil penelitian, pengumpulan data dan interpretasi data, dapat disimpulkan sebagai berikut: tentang keterampilan menjelaskan guru dilihat dari kejelasan 81,25%, penggunaan contoh / ilustrasi 80,93%, penekanan 80,5%, cara mengorganisir 83,5%, balikan 84,5%.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menjelaskan Guru | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi | 
| Depositing User: | Reza Zulkurniawan | 
| Date Deposited: | 24 Nov 2021 09:03 | 
| Last Modified: | 24 Nov 2021 09:03 | 
| URI: | https://repository.uir.ac.id/id/eprint/4608 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
