Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Perlindungan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Perhotelan Menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (studi Kasus Hotel Meranti Pangkalan Kerinci)

Farras, Muhammad Haikal (2023) Perlindungan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Perhotelan Menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (studi Kasus Hotel Meranti Pangkalan Kerinci). Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of Muhammad Haikal Farras.pdf] Text
Muhammad Haikal Farras.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hotel menjadi bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Tentunya kegiatan ekonomi ini tidak lepas dari dua peran penting yaitu pengusaha hotel yang disebut juga sebagai pengelola hotel dan pengguna jasa penginapan hotel, yang kemudian menimbulkan suatu hubungan hukum. Adapun dalam penelitian ini mempunyai masalah pokok yang akan dibahas yaitu, Bentuk Tanggung Jawab Pihak Hotel Meranti kepada Konsumen sebagai Pengguna Jasa Perhotelan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan yang kedua Faktor Penghambat dalam Pelaksanaan Tanggung Jawab Pihak Hotel Meranti dalam memberikan Jaminan Layanan kepada Konsumen. Selanjutnya adapun tujuan dari Penelitian ini ialah sama dengan rumusan masalah pokok yaitu untuk mengetahui hasil dari rumusan masalah yang dibuat oleh peneliti. Penelitian hukum ini termasuk jenis penelitian Survei (Observational Research). Metode penelitian jenis ini dimaksudkan untuk memecahkan masalah yang ada pada waktu sekarang ini dengan jalan mengumpulkan data dan menyusun atau mengklarifikasikannya seterusnya menganalisa dan melihat suatu kenyataan hukum di dalam masyarakat untuk kemudian diperoleh suatu hasil. Adapun hasil Penelitian yang penulis peroleh adalah : Tanggung Jawab dari Pihak Hotel Meranti Pangkalan Kerinci terhadap barang milik tamu, ialah, General Manager hotel tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan ataupun kerusakan harta milik tamu, Tanggungan atas penitipan di dalam cloak room hanya terbatas pada pakaian pribadi yang dititipkan saja; hal inipun tetap mengharuskan bahwa barang atau pakaian itu diserahkan kepada petugas yang bertanggung jawab di dalam hal ini, dan kepada penitip diberikan pula tanda terima. Adanya faktor penghambat atau kendala yang mempengaruhi Pelaksanaan Tanggung Jawab Pihak Hotel Meranti dalam memberikan Jaminan kepada Konsumen, diantaranya adalah Tidak atau kurangnya kesadaran terhadap tugas atau kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya, akibatnya mereka berjalan dan melayani seenaknya (santai), Pendapatan karyawan yang tidak mencukupi kebutuhan hidup meskipun secara minimal.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Arlina, Sri
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hotel Meranti,Tanggung Jawab,dan Konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: > Ilmu Hukum
Depositing User: Yolla Afrina Afrina
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:13
Last Modified: 20 Aug 2025 01:13
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/25821

Actions (login required)

View Item View Item