Shelmitania, Yayang (2023) Perlindungan Konsumen Terhadap Kesalahan Pengiriman Barang Kosmetik Yang Tidak Sesuai Melalui Shopee Di Marpoyan Damai Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
![]() |
Text
Yayang Shelmitania..pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat membuat peradaban manusia semakin maju khususnya melakukan transaksi jual beli (e-commerce). Banyak aplikasi ataupun website yang menyediakan layanan e-commerce dengan tujuan mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi jual beli secara online, salah satunya adalah aplikasi Shopee. Namun transaksi yang dilakukan di aplikasi Shopee nyatanya masih terdapat pesanan yang diterima konsumen berbeda dengan yang dipesan dalam aplikasi shopee. Salah satunya adalah konsumen yang berdomisili di Kecamatan Marpoyan Damai memerima pesanan kosmetik tidak sesuai dari toko-toko kosmetik yang terdaftar di aplikasi Shopee. Sehingga diperlukannya suatu perlindungan hukum terhadap konsumen dari tindakan yang merugikan konsumen tersebut. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana perlindungan konsumen terhadap kesalahan pengiriman barang kosmetik yang tidak sesuai melalui Shopee di Marpoyan Damai Pekanbaru dan bagaimana kendala dalam mendapatkan perlindungan konsumen terhadap kesalahan pengiriman barang kosmetik yang tidak sesuai melalui Shopee di Marpoyan Damai Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan yaitu metode empiris yang datanya diperoleh dari masyarakat melalui wawancara dan kuisioner kepada narasumber yang menjadi responden dan kemudian data tersebut akan dikumpulkan sebagai bahan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa perlindungan konsumen terhadap kesalahan pengiriman barang kosmetik yang tidak sesuai melalui Shopee telah disediakan Shopee berupa kolom pengembalian barang/dana jika konsumen memberikan video unboxing paket dan layanan bantuan dari pihak pusat Shopee. Sedangkan kendala dalam perlindungan hukum terjadi karena konsumen tidak dapat memberikan video unboxing, tidak adanya itikad baik dari penjual maupun konsumen, proses retur barang/dana yang lama dan tidak melapor ke Lembaga Perlindungan Konsumen..
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN/NIDK Sponsor Santri, Selvi Harvia UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | : Perlindungan Konsumen, Kosmetik, Shopee |
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > K Law (General) |
Divisions: | > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Yolla Afrina Afrina |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 01:14 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 01:14 |
URI: | https://repository.uir.ac.id/id/eprint/25764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |