Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Al-qur'an Hadist Di Mts Fadillah Pekanbaru

Siregar, Rozima (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Al-qur'an Hadist Di Mts Fadillah Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[thumbnail of 182410420.pdf] Text
182410420.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional (X) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola,serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain disekitar.Prestasi belajar (Y) adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan olah mata pelajaran, yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai-nilai atau angka-angka yang diberikan oleh negara. Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar adalah kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor penting yang seharusnya dimiliki oleh setiap siswa, karena setiap orang siswa itu memiliki kebutuhan untuk meraih prestasi belajar yang optimal disekolah. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhkecerdasanemosionalterhadapprestasibelajar pada peseratdidikkelas VIII di MTs FadillahPekanbaru. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahjeneispenelitiankuantitatofkorelasisubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII MTs FadillahPekanabaru, yang menjadiobjekdalampenelitianiniadalahpengaruhkecerdasanemosionalterhadapprestasibelajarpesertadidikkelas VIII di MTs FadillahPekanbaru. Populasidalampenelitianiniberjumlah 128 pesertadidikdengansampel 97 orang. Teknik pengumpulan data mengguanakanangket dan dokumentasi. Berdasarkananalisis data yang telahdilakukan, diketahuibahwaadanyapengaruhkecerdasanemosionalterhadapprestasibelajar pada pesertadidikkelas VIII MTs FadillahPekanbaru. Berdasarkan pemahaman dari hasil pengelolaan data penelitian maka penelitian dapat menyimpulakan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh prestasi belajar peserta didik kelas VIII.. Hal ini sesuai dengan uji hipotesis yang menyatakan jika nilai signifikan lebih besar dari 0,05 yaitu 0,780 ? 0,05 artinya ada tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar peserta didik MTs Fadillah Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Hamzah, Hamzah
1003056001
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: admin lib UIR
Date Deposited: 17 Nov 2025 08:16
Last Modified: 17 Nov 2025 08:16
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/25364

Actions (login required)

View Item View Item